Industri Dan Aplikasi Cold Storage

Industri Cold Storage menawarkan pendinginan untuk berbagai kebutuhan dan memiliki berbagai layanan yang mencakup beberapa sektor. Namun, penggunaan cold storage yang paling signifikan adalah di industri makanan. Setelah panen, sayuran, buah-buahan, dan barang-barang yang mudah rusak lainnya disimpan untuk waktu yang lama untuk memperpanjang umur simpannya dan menjaganya tetap segar.

Cold Storage memiliki aplikasi di banyak industri yang berbeda, seperti di sektor medis, untuk menyimpan segala macam obat-obatan, sampel laboratorium, vaksin, perangkat, dll. Penyimpanan dingin memungkinkan transplantasi organ berkembang dan berhasil.

Harga Cold Storage juga sebanding dengan keuntungan yang didapat karena umur produk yang disimpan semakin panjang.

Teknologi ini bahkan digunakan dalam industri petrokimia dan elektronik berteknologi tinggi karena reaksi kimia dan logam sensitif terhadap perubahan suhu. Hotel dan restoran, industri minuman keras, dan fasilitas medis yang terkait dengan forensik menggunakan kamar dingin dan sistem kontrol suhu untuk penyimpanan.

Penyimpanan Produk Pasca Panen

Setelah buah dan sayuran dipanen, mereka mulai bernafas dan matang. Untuk memperlambat laju peluruhan, mereka harus disimpan di bawah suhu yang lebih rendah dari rata-rata. Penyimpanan dingin digunakan untuk mengawetkan makanan melalui pendinginan dan ruangan dengan atmosfer yang terkendali- di mana konsentrasi berbagai gas seperti oksigen, karbon dioksida, nitrogen, dan karbon monoksida dipertahankan secara ketat melalui perangkat presisi. Industri penyimpanan dingin menawarkan berbagai pilihan, mulai dari pendinginan gudang hingga perangkat presisi dan fasilitas penyimpanan atmosfer terkontrol. Karena produksi tanaman buah dan sayur dilakukan dalam skala besar, tidak mungkin untuk dipasarkan sekaligus. Oleh karena itu, penyimpanan dingin memungkinkan makanan yang mudah rusak tersebut tersedia untuk waktu yang lebih lama, memperpanjang umur simpannya. Kelembaban juga memainkan peran penting dalam mengawetkan makanan tersebut. Buah-buahan musiman dapat bertahan lebih lama saat ini dan tidak lagi tersedia hanya untuk beberapa bulan tertentu.

Industri Makanan Ritel

Makanan beku (termasuk daging, unggas, produk susu) seringkali mudah diawetkan dan tidak mudah rusak. Makanan beku perlu disimpan pada suhu maksimum -18C, dan penyimpanan makanan beku dapat memenuhi persyaratan ini hanya dengan peralatan penyimpanan dingin tertentu. Freezer memungkinkan makanan beku untuk disimpan, diangkut, dan didistribusikan dalam jarak jauh. Ini memperpanjang umur simpan berbagai jenis daging secara signifikan dan bermanfaat bagi distributor dan penangan daging. Pada gilirannya, ini membantu distributor daging untuk memperluas jangkauan produk mereka dan mengurangi limbah. Kelembaban relatif juga dijaga pada pengukuran setinggi mungkin untuk mencegah freezer terbakar dan mencegah daging mengering di mana pengemasannya mungkin tidak efisien. Berbagai jenis makanan beku memiliki stabilitas yang berbeda dalam penyimpanan beku tergantung pada berapa lama mereka dapat bertahan dalam penyimpanan tanpa mengembangkan rasa yang tidak normal dan apakah mereka mudah berubah warna. Pembekuan mempertahankan rasa dan rasa sensorik, bersama dengan nilai gizi produk.

Industri Farmasi dan Kesehatan

Di bidang medis, ada beberapa aplikasi Cold Storage. Di laboratorium, sampel darah perlu disimpan pada suhu tertentu untuk mempertahankan spesifikasinya. Banyak obat yang berbeda perlu disimpan di lemari es medis seperti insulin, obat kemoterapi, vaksin, obat tetes mata, dan lain-lain. Kulkas obat adalah perangkat standar di rumah sakit, toko obat, dan klinik dengan kisaran suhu yang sempit antara 2C dan 8C. Jika sampel tubuh tertentu seperti sampel darah dan plasma tidak disimpan dalam kondisi yang dipantau secara ketat, mereka dapat mengubah sifat dan menjadi tidak dapat digunakan.

Dalam perawatan kesehatan, ada perkembangan yang meningkat sehubungan dengan transplantasi dan operasi. Organ perlu disimpan dan diangkut pada suhu dingin yang konsisten untuk mempertahankan kegunaannya. Cangkok kulit dan jaringan digunakan dalam operasi plastik dan restoratif dan harus disimpan di bawah suhu yang dikontrol ketat. Penyimpanan dingin memungkinkan barang-barang seperti itu diangkut melintasi jarak jauh dan berkontribusi untuk menyelamatkan nyawa.

Industri Pembuatan Bir dan Pabrik Anggur

Anggur dan bir membutuhkan suhu yang konsisten untuk meningkatkan rasanya dan mempertahankan kualitasnya. Karena minuman keras perlu disimpan jauh dari panas atau sinar matahari langsung, penyimpanan dingin adalah solusi efektif untuk penyimpanan jangka panjang. Suhu yang konsisten memaksimalkan masa pakai produk ini, bersama dengan kelembaban yang terkontrol.

Produksi anggur, bir, dan jus pekat juga membutuhkan pendinginan. Untuk pembuatan bir dan pembuatan anggur, diperlukan reaksi fermentasi yang terkendali. Misalnya, bir jenis lager membutuhkan 8 hingga 12C, sedangkan anggur membutuhkan 27-30C. Konsentrat jus buah telah menjadi sangat populer karena harganya lebih murah dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Mereka dapat diawetkan untuk waktu yang lebih lama daripada buah-buahan.

Industri Kimia dan Pengolahan

Industri seperti penyulingan minyak bumi, pabrik petrokimia, dan pembuatan kertas membutuhkan sistem pendingin yang besar. Persyaratan setiap industri berbeda; maka sistem pendingin disesuaikan sesuai.

Teknologi ini digunakan untuk memisahkan gas, kondensasi gas, dehumidifikasi, pemulihan pelarut, dll. Industri sejenis lainnya juga menggunakan teknologi pendinginan untuk perlakuan dingin logam

Industri Perhotelan

Hotel dan restoran harus melayani banyak pelanggan sepanjang hari. Ada banyak bahan yang digunakan dalam hidangan yang disajikan yang harus disimpan terlebih dahulu di bawah suhu dingin. Pendinginan diperlukan untuk menjaga bahan-bahan tersebut tetap segar untuk digunakan dalam memasak di siang hari.

Minuman dan bahan habis pakai lainnya yang disajikan di restoran juga perlu disimpan di lemari es agar tetap segar. Selain itu, hotel perlu memiliki pendingin pribadi untuk menyimpan produk sanitasi dan menyimpan cadangan besar di tempat mereka untuk katering acara yang lebih besar.

Cold Storage memiliki berbagai aplikasi yang memungkinkan pengembangan untuk industri lain. Pendinginan dan pembekuan telah memungkinkan industri makanan untuk mengubah dirinya sendiri. Orang-orang memiliki akses yang lebih mudah ke makanan dan banyak pilihan untuk dipilih dalam hal makanan siap saji.

Obat-obatan dan perawatan kesehatan juga lebih mudah diakses, memberikan akses ke manfaat modern di daerah pedesaan dan terpencil yang sebelumnya terbatas pada beberapa.

Penyimpanan dingin mengurangi berton-ton pemborosan makanan dan merupakan cara paling efisien untuk menangani barang-barang yang mudah rusak dalam jumlah besar, dengan keuntungan tambahan berupa hemat biaya bagi semua pemangku kepentingan.

Banyaknya aplikasi teknologi ini adalah bukti kepraktisan penyimpanan dingin dan bagaimana hal itu membuat kehidupan kita sehari-hari lebih mudah diatur.

Leave a Comment