Beda Oven dan Microwave Beserta Fungsinya

Oven dan microwave sekilas memiliki bentuk serupa sehingga banyak dari kita terkadang tidak mengetahui beda oven dan microwave. Keduanya adalah peralatan elektronik dapur untuk memasak yang memiliki fungsi berbeda.

Selain memiliki fungsi berbeda, baik oven dan microwave cara penggunaan dan juga hasil akhir makanannya juga berbeda satu sama lain. Hal yang sama di antara keduanya adalah, kedua alat ini sama – sama memiliki elemen pemanas, dan menggunakan watt yang cukup tinggi.

Agar tidak keliru dalam membeli dan menggunakan oven dan microwave, dalam artikel kali ini akan dibahas dengan singkat apa saja perbedaan dari oven dan microwave yang perlu Anda ketahui.

Fungsi Oven
Oven biasanya terbagi menjadi oven listrik maupun oven gas. Keduanya digunakan untuk mengolah makanan dengan cara memanggang atau membakar makanan saat memasak. Oven menggunakan panas yang dihasilkan dari listrik atau gas untuk memanaskan elemen panas yang terdapat dalam oven.

Oven biasanya terdapat kenop untuk mengatur suhu dalam oven, serta lama proses pemanggangan atau pembakaran dan berapa banyak api yang digunakan dalam oven (api atas, api bawah, atau keduanya).

Fungsi Microwave
Berbeda dengan oven, microwave merupakan alat elektronik dapur yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik ini berfungsi untuk memanaskan dan memasak makanan.

Tombol kenop pengaturan pada microwave juga lebih sederhana dan biasanya hanya terdiri dari pengaturan waktu dan besar kecilnya panas. Microwave menggunakan panas dari gelombang elektromagnetik sehingga hanya makanan dalam microwave saja yang dipanaskan.

Beberapa Beda Oven dan Microwave
Setelah mengetahui fungsi baik dari oven dan microwave, perlu diketahui juga keduanya memiliki perbedaan satu sama lain dan masing – masing memiliki kelebihan maupun kekurangan. Berikut ini beberapa perbedaan dari oven dan microwave:

Konsumsi Daya Listrik

Pada dasarnya baik oven maupun microwave membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Namun oven sedikit unggul karena daya listriknya lebih rendah dibandingkan microwave. Selain itu jumlah konsumsi daya pada oven juga tergantung berapa banyak api yang digunakan, misalnya apakah hanya api atas atau bawah atau keduanya. Sebaliknya microwave membutuhkan daya listrik yang lebih besar untuk proses pemanasan dan pematangan makanan.

Kecepatan Masak

Oven membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak makanan dibandingkan microwave. Hal ini menyebabkan meski daya listrik yang lebih rendah, namun karena lebih lama, bisa saja konsumsi dayanya menjadi lebih besar dibandingkan microwave. Sebaliknya, microwave dapat memasak dan memanaskan makanan lebih cepat dibandingkan oven.

Harga

Harga dari microwave cenderung lebih murah dan terjangkau dari oven. Sedangkan harga oven cukup bervariasi dan terkadang mahal apabila spesifikasi oven tersebut juga cukup tinggi.

Wadah Makanan

Pada microwave, Anda dapat memanaskan makanan yang terdapat dalam wadah plastik atau tupperware khusus yang dibuat dengan label microwave safe. Selain itu bahan dari kaca juga relatif aman untuk dimasukkan dalam microwave.

Sebaliknya pada oven, Anda perlu menggunakan loyang khusus oven serta keramik panas atau aluminum foil. Anda tidak dapat menggunakan wadah plastik atau kaca dalam oven.

Jenis Makanan yang Dimasak

Oven multifungsi karena dapat digunakan untuk memanggang dan membakar makanan serta membuat kue. Beberapa oven juga menyertakan rotisserie pick untuk memanggang ayam. Sebaliknya pada microwave, kurang cocok digunakan untuk memanaskan makanan yang besar dan tebal seperti daging. Beberapa jenis makanan juga tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave karena dapat meledak seperti telur.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan dari oven dan microwave. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan memasak Anda saat memilih antara microwave atau oven. Beberapa jenis oven yang modern dengan spesifikasi canggih juga memiliki fungsi atau fitur seperti microwave juga.

Leave a Comment